Thursday, December 9, 2010

Pembelahan Sel

Bagian-bagian Sel

Pembelahan sel adalah peristiwa di mana sel induk mewariskan informasi genetik yang ada di dalam kromosom ke pada sel anakannya dan begitu selanjutnya. Jika dibagi menurut proses pembelahannya, pembelahan atau reproduksi sel dibagi menjadi dua, yaitu MITOSIS dan MEIOSIS.

Mitosis
Mitosis adalah cara pembelahan sel di mana sel membaleh melalui tahap-tahap yang teratur, yaitu Profase-Metafase-Anafase-Telofase (ProMAT). Sebelum tahap profase, atau setelah telofase, terjadi masa istirahat sel yang disebut Interfase, di mana sel melakukan sintesis bahan-bahan inti dan pembentukan energi. Selain itu,pembelahan secara mitosis menghasilkan 2 sel anakan yang sifatnya sama dengan induknya (2n). Mitosis terjadi pada sel somatik atau sel tubuh untuk pertumbuhan dan regenerasi sel.

Secara garis besar, ciri-ciri umum setiap tahap pembelahan pada mitosis adalah sebagai berikut:

Profase : 
Pada tahap ini, benang-benang kromatin menebal menjadi kromosom dan kromosom mulai berduplikasi menjadi kromatid, terbentuknya benang spindel, dinding nukleus dan nukleolus menghilang, sentriol menuju kedua kutub yang berlawanan, dipisahkan oleh benang spindel, dan kromatid mulai menata diri.

Metafase :
Pada tahap ini, kromatid tersusun teratur di bidang ekuator sehingga kromatid mudah diamati dan dipelajari, atau terlihat dengan jelas. Benang-benang spindel mulai menempel di masing-masing sentriol kromatid yang terjajar.

Anafase :
Pada tahap ini, kromatid akan tertarik oleh benang spindel menuju kutub-kutub ekuator. Kromatid yang merupakan dublet, akan menjadi single-strand.

Telofase :
Pada tahap ini, terjadi pembagian inti menjadi dua bagian (Kariokinesis) dan pembagian sitoplasma menjadi dua bagian (Sitokinesis). Nukleus dan dinding terbentuk kembali, benang spindel lenyap, dan akhirnya terbentuk dua sel anakan baru.

Meiosis
Meiosis adalah proses pembelahan sel yang melalui tahap-tahap pembelahan yang sama dengan mitosis, tetapi dalam prosesnya terjadi pengurangan jumlah kromosom, sehingga sifat sel anakan akan setengah dari induknya (n). Meiosis terjadi pada sel gamet atau sel kelamin dengan tujuan mempertahankan keragaman sel, karena pada tahap Profase I, terjadi crossing over, atau pertukaran sifat. Ya, pada meiosis, tahap-tahap ProMAT terjadi dua kali.

Berbeda dengan mitosis, pada pembelahan meiosis antara Telofase I dan profase II, tidak terjadi Interfase. Interfase terjadi setelah Telofase II atau sebelum melanjutkan ke Profase I.

Pada meiosis, tahap Profase I dibagi menjadi 5 tahap yaitu Leptonen-Zigoten-Pachytene-Diploten-Diakinesis. Setelah tahap-tahap ini terjadi, barulah dilanjutkan ke tahap Metafase I.


Perbedaan antara Mitosis dan Meiosis adalah sebagai berikut:

Aplikasi pembelahan sel secara Meiosis dapat kita lihat dalam proses Oogenesis (pembentukan sel telur) dan Spermatogenesis (pembentukan sel sperma). Sedangkan pada tumbuhan disebut juga Megasporogenesis (pembentukan Sel Telur dan badan polar)  dan Mikrosporogenesis (pembentukan pollen).


5 comments:

  1. Ada tiga macam pembelahan sel, amitosis (spontan), mitosis, dan meiosis. Pada pembelahan mitosis, satu sel diploid membelah menjadi dua sel anakan yang diploid juga, pembelahannya melalui empat tahap yaitu, profase, metafase, anafase, dan telofase. Pada pembelahan meiosis, satu sel diploid membelah menjadi empat sel anakan haploid, terjadi melalui dua tahap yaitu meiosis I dan II. Masing – masing meiosis melalui profase, metafase, anafase, dan telofase. Gametogenesis adalah proses pembentukan gamet. Jika pada hewan jantan disebut spermatogenesis yang menghasilkan empat sperma (n) dan pada betina disebut oogenesis yang menghasilkan satu sel telur yang (n). Sedangkan pada tumbuhan jantan disebut mikrosporogenesis yang menghasilkan empat mikrospora (n) dan pada betina disebut megasporogenesis yang menghasilkan delapan megaspora (n).

    Alvin Wijaya / 12 IPA 1

    ReplyDelete
  2. Pada dasarnya, pembelahan sel adalah penurunan informasi genetik melalui kromosom dari sel induk kepada sel anakannya, dan begitu seterusnya. Secara umum, pembelahan sel dibagi menjadi 3, yaitu amitosis, mitosis dan meiosis. Amitosis terjadi secara spontan pada organisme uniseluler, sedangkan mitosis dan meiosis terjadi secara bertahap. Mitosis terjadi pada sel tubuh dan menghasilkan sel anakan yang sifatnya sama seperti induknya. Mitosis dilakukan untuk regenerasi sel tubuh. Meiosis terjadi pada sel kelamin dan menghasilkan sel anakan yang sifatnya haploid, tidak diploid seperti induknya. Meiosis dilakukan untuk mengadakan keanekaragaman sifat yang diakibatkan oleh crossing over saat profase I. Jika dihubungkan dengan iman Kristiani, bab ini menunjukkan betapa Allah sangat memperhatikan bagian-bagian yang detail saat Ia menciptakan Anda dan saya. Hal tersebut mengingatkan saya untuk bersyukur karena pembelahan sel saya berjalan baik-baik saja dan itu semua hanyalah karena anugerah Allah.

    Jesisca Felisa Nilam / 12 IPA 1

    ReplyDelete
  3. Pembelahan Sel dibagi tiga, yaitu amitosis, mitosis dan meiosis. Amitosis adalah pembelahan sel yang tanpa melalui tahap pembelahan. Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan yang memiliki jumlah kromosom seperti induknya(diploid). Meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anakan yang memiliki setengah jumlah kromosom sel induknya (haploid). Meiosis berfungsi mengurangi jumlah kromosom agar keturunannya memiliki jumlah kromosom yang sama. Dalam Mitosis, ada beberapa tahap yang harus dilalui yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Sedangkan dalam Meiosis terbagi menjadi dua, yaitu Meiosis I dan II. Meiosis I melewati tahap profase I, metafase I, anafase I, dan telofase I. Meiosis II melewati tahap profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II. Pembelahan Sel dalam hewan dibedakan menjadi 2 jenis, Spermatogenesis dan Oogenesis. Pembelahan Sel dalam tumbuhan dibedakan pula menjadi dua Mikrosporogenesis dan Megasporogenesis.

    Yuliana Kurniawan / 12 IPA 1

    ReplyDelete
  4. Pembelahan sel dibedakan menjadi amitosis, mitosis, dan meiosis. Amitosis atau biasa disebut pembelahan biner biasanya terjadi pada mahkluk hidup prokariot dengan membelah secara langsung / spontan, ini karena organisme prokariot memiliki DNA yang relatif kecil dan tidak memiliki membran inti. Mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan. Pembelahan ini terjadi saat pertumbuhan dan reproduksi aseksual. Tahap-tahap pembelahan mitosis adalah tahap interfase (fase G1, S, G2), tahap kariokinesis (profase, metafase, anafase, telofase), dan tahap sitokinesis. Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel anakan yang haploid. Pembelahan ini menghasilkan gamet yang tidak identik. Tahap-tahap pembelahan meiosis meiosis I (interfase, profase I, metafase I, anafase I, telofase I, dan sitokinesis I) dan meiosis II (profase II, metafase II, anafase II, telofase II, dan sitokinesis II). Gametogenesis adalah proses terbentuknya gamet. Proses gametogenesis pada hewan terbagi menjadi 2 yaitu pada betina dan jantan. Proses gametogenesis pada tmbuhan terbagi menjadi 2 yaitu mikrosporogenesis dan megasporogenesis.

    Sanny / 12 IPA 1

    ReplyDelete
  5. Pembelahan sel baik itu mitosis maupun meiosis sebenarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu mewariskan sifat (genetik) yang ada pada sel yang sedang membelah tersebut kepada sel-sel turunannya. Di dalam sel terdapat kromosom yang mengandung gen. Ketika sel melakukan pembelahan, kromosom di dalam inti akan menduplikat yang akan diwariskan kepada sel anak. Sehingga sel anak akan menerima (mewarisi) kromosom-kromosom dan gen-gen dengan tipe dan ukuran yang sama dari induknya.
    Dengan demikian setiap individu mempunyai jumlah kromosom yang sama dengan induknya dan masing-masing kromosom tersebut merupakan sumbangan dari kedua induknya.

    Kornelius / 12 IPA 1

    ReplyDelete